Iritasi Kulit Buat Lo Sensitif Kayak Cewek PMS? Nih Cara Atasin yang Bener

Siapa bilang iritasi kulit cuma bisa dialamin sama cewek? Meskipun Lo ganteng, sebagai cowok kulit Lo juga bisa mengalami iritasi, Bro. Ada beberapa penyebab yang bisa kulit Lo mengalami iritasi, misalnya shaving, paparan sinar matahari, bahkan cara perawatan wajah yang salah juga bisa buat kulit Lo iritasi. Gak cuma perih, iritasi kulit lama-kelamaan bisa buat kulit Lo jadi sensitif, yaitu kondisi di mana kulit Lo jadi gampang mengeluarkan reaksi berlebihan saat terpapar suatu zat maupun saat berada di kondisi tertentu seperti cuaca panas atau dingin. Yuk Bro, ketahui lebih jauh penyebab iritasi pada kulit pria, biar kulit Lo gak terlanjur sensitif.

Ketahui Sebab Kulit Iritasi

Mungkin yang Lo tahu, kulit wajah pria mengalami iritasi cuma karena shaving. Faktanya, ada beberapa penyebab kulit pria mengalami iritasi yang mesti Lo ketahui. Lo tahu gak kenapa shaving atau mencukur bisa buat kulit iritasi atau bahasa kerennya mengalami razor burn? Bisa jadi karena pisau cukur yang Lo gunakan itu tumpul sehingga membuat kulit mengalami dermatitis kontak iritan yaitu kondisi kulit menjadi merah meradang disertai dengan rasa perih. Next, coba perhatiin kandungan krim cukur yang Lo pake. Kalo mengandung zat wewangian, bisa jadi membuat kulit Lo iritasi karena wewangian pada krim cukur mengandung bahan kimia.

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa nyebabin kulit Lo mengalami iritasi. Saat kulit Lo terkena radiasi sinar ultraviolet dari matahari secara langsung dalam waktu lama, maka kulit Lo beresiko mengalami iritasi dengan rasa perih yang menyengat. Perawatan kulit yang Lo lakuin dengan cara yang gak tepat juga bisa buat kulit Lo iritasi. Misalnya, menggunakan skincare yang kandungannya tidak tepat untuk jenis kulit Lo, bisa juga karena Lo ngelakuin eksfoliasi kulit terlalu sering.

Apa yang Bisa Lo Lakuin untuk Atasi Kulit Iritasi?

Ada beberapa cara yang bisa Lo lakuin untuk atasi kulit iritasi. Kalo disimak dari penyebab kulit iritasi yang ada, hal pertama yang mesti Lo perhatiin adalah cara shaving. Jangan kebiasaan menggunakan pisau cukur yang sama hingga berkali-kali, padahal Lo tau kalo pisau cukur itu udah tumpul. Saat shaving, gunakan juga krim cukur tanpa zat kimia pewangi. Biasakan juga arah mencukur pada wajah itu mengarah ke bawah ya Bro, jangan ke atas biar kulit Lo gak iritasi.

Penting buat Lo untuk ngelindungin kulit dari paparan langsung sinar matahari saat beraktivitas di luar.  Paling gampang, Lo mesti pake masker atau topi, juga jaket dan celana panjang biar paparan sinar matahari gak langsung mengenai permukaan kulit. Jadi lebih baik kalo Lo juga pake krim sunscreen. Menggunakan sunscreen akan memberikan Lo proteksi double yang bisa mencegah radiasi sinar ultraviolet dari matahari masuk ke dalam lapisan kulit. Gak kalah penting, usaha baik untuk merawat kulit juga mesti Lo perhatiin. Jangan pake sabun maupun skincare yang kandungannya gak sesuai dengan jenis kulit Lo. Juga jangan terlalu sering untuk melakukan eksfoliasi kulit terlalu sering ya Bro, cukup 2 kali aja dalam seminggunya.

Tampil Fresh Tanpa Iritasi Kulit

Jangan khawatir kalo kulit Lo mengalami iritasi. Meski iritasi, Lo harus konsisten ngerawat kulit biar iritasinya bisa berkurang dan tentu buat kulit Lo jadi sehat. Cara paling simpel yang bisa Lo lakuin yaitu rajin-rajin mengompres kulit iritasi Lo dengan handuk yang udah dibasahi dengan air dingin. Selain itu, Lo bisa merawat kulit iritasi Lo dengan beberapa cara alami lainnya, salah satunya dengan cara mengolesi kulit iritasi pake minyak zaitun. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun bakal bantu proses regenerasi kulit Lo, jadi lama-kelamaan sel kulit yang mengalami iritasi akan berkurang.Cara alami lainnya, Lo bisa pake tanaman lidah buaya untuk redain iritasi kulit. Selain memiliki memberikan sensasi dingin yang dapat mengurangi rasa gatal dan sakit akibat iritasi, kandungan vitamin A, C, dan E pada lidah buaya juga dapat mencegah masuknya radikal bebas yang berasal dari polusi udara. Pastinya Lo mesti konsisten untuk ngerawat kulit dengan Paket Basic CTMP (Cleansing, Toning, Moisturizing, and Protecting) dari Gamal Men biar kulit Lo gak iritasi dan Lo bisa jadi ganteng maksimal lagi.